tips sehat alat reproduksi wanita

Pentingnya menjaga kesehatan alat reproduksi wanita, berikut tips dan cara merawat reproduksi wanita agar terhindar dampak negatif.


Menjaga alat reproduksi merupakan kewajiban semua orang, pasalnya organ ini menjadi salah satu yang penting karena dapat menjadi faktor kesuburan seseorang. Untuk itu mendalami tentang cara menjaga kesehatan alat reproduksi sangat disarankan. Jika Anda mau sebenarnya ada banyak metode yang dapat dicoba, seperti berikut ini misalnya.


[ads id="ads1"]


1. Tidak Menggunakan Sabun Pada Alat Vital

Secara alami alat reproduksi wanita sudah dirancang sedemikian rupa sehingga menghasilkan kulit yang lembap. Bagi Anda yang masih sering menggunakan sabun dalam membersihal organ ini maka sebaiknya hentikan mulai sekarang.


Pasalnya kandungan sabun akan menjadikan kulit semakin kering sehingga rawan untuk iritasi. Kandungan yang dimilikinya adalah faktor penyebabnya.



2. Mengganti Celana Dalam di Setiap Harinya

Cara menjaga kesehatan alat reproduksi yang berikutnya adalah mengganti celana dalam di setiap harinya. Ada baiknya jika Anda malah melakukan pergantian ini dalam 2 kali sehari supaya meminimalisirkan tumbuhnya kuman dan akhirnya menempal pada alat reproduksi.


Apabila mengalami keputihan maka intensitas harus ditambah, supaya tidak terjadi gatal-gatal dan rasa tidak nyaman.



3. Setelah Buang Air Bersihkan Bagian Luarnya

Sesuatu hal yang paling sederhana namun sering terabaikan oleh orang adalah membersihkan bagian luar alat reproduksi setelah selesai buang air baik besar maupun kecil. Tujuan utamanya adalah menghambat dan melenyapkan kuman sisa kotoran maupun air kencing yang masih menempel supaya tidak masuk ke bagian dalam.



4. Menjaga Kebersihan Dari Alat Cukur

Mungkin ada beberap orang yang rajin mencukur bulu-bulu di sekitar kemaluannya. Tidak apa namun setelah ini usahakan sebaik mungkin dalam membersihkan alatnya supaya tidak memberikan dampak yang negatif bagi alat kelamin, bahkan karena mengabaikan kebiasaan ini tidak jarang ada yang mengalami bisulan pada area reproduksinya.


Demikianlah penjelasan singkat mengenai tata cara menjaga kesehatan alat reproduksi wanita yang dapat Anda coba sendiri. Perlu diketahui bahwa kebersihan merupakan sebagian dari iman dan kesehatan juga akan terjaga apabila Anda menerapkan cara-cara sederhana di atas pada kehidupan sehari-hari.

Baca Juga

Post a Comment