obat pelancar haid alami

Inilah bahan herbal pelancar haid secara alami yang banyak digunakan dan terbukti ampuh melancarkan datang bulan.

Masalah yang sering dialami sebagian besar wanita adalah siklus haid yang tidak teratur. Penyebab bisa dari berbagai kondisi dan faktor, untuk itu konsumsilah secara rutin bahan herbal pelancar haid dari pada mengonsumsi obat atau suplemen tertentu.


Beberapa kondisi bisa menyebabkan perubahan pada hormone estrogen dan progesterone, akibatnya jadwal haid menjadi terpengaruh. Bahan hebal merupakan bahan tradisional yang ampuh untuk melancarkan haid.


[ads id="ads1"]


Bahan Herbal Pelancar Haid

Memang sudah banyak beredar obat untuk melancarkan haid, namun tahukah kamu jika bahan herbal pelancar haid lebih direkomendasikan. Selain lebih aman dikonsumsi setiap hari, tentu hasilnya lebih efektif karena tidak melewati proses pengolahan yang mungkin akan mengurangi nilai kandunganya.


Lantas apa saja bahan herbal yang bisa melancarkan siklus datang bulan ? Berikut ini 5 bahan herbal pelancar haid yang sudah banyak digunakan.



1. Kunyit

kunyit pelancar haid

Kunyit memiliki banyak khasiat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Salah satunya untuk melancarkah haid pada wanita karena mengandung bahan alami. Bahan alami ini memiliki fungsi yang hampir mirip dengan hormone estrogen.


Konsumsi kunyit sebanyak 100-500mg, dua kali sehari dengan mencampurkannya ke dalam teh, madu, susu atau minuman lainya.



2. Cukai Sari Apel

sari apel pelancar haid

Bagi Anda yang mengalami masalah lambat menstruasi bisa mengonsumsi cuka sari apel. Sebagai obat alami pelancar haid, cuka sari apel lebih efektif memberikan manfaat dengan dosis yang benar.


Bahan herbal pelancar haid ini memang minim efek samping, namun Anda tetap harus memastikannya terlebih dahulu.



3. Nanas

nanas pelancar haid

Buah yang segar ini mengandung enzim bromelain yang bersifat antiperadangan. Kandungan antioksidannya bermanfaat untuk mengurangi peradangan yang menyebabkan kram perut ketika haid.


Sebagai obat pelancar haid, Anda bisa mengkonsumsi jus nanas secara rutin. Atau bisa juga mengkonsumsi langsung beberapa potong nanas setiap harinya.



4. Kayu Manis

kayu manis pelancar haid

Kayu manis bisa membantu melancarkan haid karena mengatur kadar insulin untuk tubuh. Insulin juga mempengaruhi kinerja hormone menstruasi agar siklus menstruasi jadi lebih teratur.


Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, konsumsi 500mg kayu manis yang dicampurkan ke dalam teh sebanyak tiga kali sehari.



5. Jahe

jahe pelancar haid

Selain bisa menghangatkan tubuh, jahe juga sering dijadikan bahan alami untuk melancarkan haid. Anda bisa mengkonsumsi jahe secara mentah atau diambil ekstraknya. Dosis ekstrak jahe yang tepat bisa berfungsi maksimal, yakni 2-3ml saja.


Air rebusan jahe atau ekstraknya bisa dicampurkan dengan madu dan lemon. Sehingga akan menciptkan cita rasa yang fresh dan hangat. Bahan herbal pelancar haid ini sebaiknya dikonsumsi dengan arahan dokter atau bidan agar tidak berlebihan.


Itulah beberapa bahan herbal yang dipercaya bisa melancarkan haid secara alami. Meskipun bahan alami, namun pengguaanya tetap diatur agar tidak berlebihan. Pasalnya menggunakan secara berlebih akan menimbulkan dampak yang tidak baik bagi kesehatan.

Baca Juga

Post a Comment