makanan Kesuburan pria

Kenali daftar makanan untuk meningkatkan kesuburan pria serta penyebab menurunya kualitas reproduksi pada pria.

Tahukah Anda bahwa kualitas sperma tergantung pada makanan yang dikonsumsi? Pria juga dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan untuk meningkatkan kesuburan pria agar kualitas sperma meningkat.


Beberapa kasus sulit hamil bisa dipengaruhi oleh masalah kesuburan dari pihak pria. Mungkin salah satu faktornya adalah asupan makanan yang kurang tepat. Di sisi lain juga pola hidup sehat harus diterapkan dengan tidak begadang dan lebih rajin berolahraga.


[ads id="ads1"]


Sebaiknya pria rajin mengkonsumsi vitamin E, vitamin C, vitamin A, asam folat dan zinc. Apa saja makanan penyubur pria itu?



Makanan Untuk Meningkatkan Kesuburan Pria

asupan Makanan kesuburan pria

Cara meningkatkan kesuburan pria, salah satunya yaitu memperhatikan asupan nutrisi yang yang dibutuhkan dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk kesuburan pria. Menurut penelitian yag sudah bayak dilakukan, bahwa asupan nutrisi yang kurang baik bisa berpengaruh terhadap kualitas sperma.


Semua pasangan pasti mendambakan hadirnya sang buah hati. Maka dari itu, selain mengonsumsi makanan untuk meningkatkan kesuburan pria, juga di imbangi dengan menjaga kesehatan alat reproduksi pria itu sendiri.


Tidak hanya pada pria, kesuburan serta kesehatan alat reproduksi wanita juga perlu diperhatikan. Pasalnya hal ini terpengaruh pada kesehatan masing - masing pasangan.


Terlepas dari kesuburan wanita, berikut ini makanan yang bisa meningkatkan kesuburan pada pria yang sudah terbukti serta banyak dikonsumsi kaum pria.



1. Gandum Utuh

Bagi Anda yang sedang melaksanakan program hamil bersama pasangan, bisa rutin konsumsi gandum utuh. Gandum untuk memiliki nutrisi yang baik untuk sperma karena mengandung folat dan vitamin B9.


Kualitas sperma dengan kandungan folat yang tinggi bisa berpeluang besar membuahi sel telur. Selain pada gandum utuh, kandungan folat bisa Anda dapatkan melalui sereal yang telah difortifikasi.



2. Kacang dan Biji-bijian

Vitamin E sangat baik untuk menutrisi sperma pada pria, itu bisa Anda dapatkan dari kacang dan biji-bijian. Kandungan vitamin E bisa menjaga sperma dari kerusakan sehingga sperma lebih aman dan subur. Makanan untuk meningkatkan kesuburan pria ini lebih mudah Anda dapatkan di Pasar.



3. Makanan Seafood

Khususnya ikan, bisa Anda konsumsi agar meningkatkan kesuburan pria dan kualitas sperma. Makanan laut mengandung nutrisi yang sangat baik seperti vitamin B12.


Jurnal Biomolecules pernah merilis bahwa vitamin B12 itu bisa meningkatkan jumlah, motilitas hingga mencegah terjadinya kerusakan DNA Sperma. Selain ikan laut, Anda bisa mendapatkan vitamin B12 melalui daging dan produk olahan susu.



4. Kelapa Muda

Daging serta air kelapa memnag sejak dulu dipercaya bisa meningkatkan kesuburan pada pria. Pasalnya Pohon kelapa memiliki bagian endosperma yang bermanfaat khusus untuk kejantanan dan kesuburan pria.


Untuk mengonsumsi kelapa kusus untuk kesuburan, sebaiknya memilih kelapa yang sudah tua. Hal ini karena air kelapa tersebut telah terserap oleh daging, sehingga menghasilkan lebih banyak nutrisi dari pada kelapa muda.



5. Sayuran Hijau

Makanan untuk menigkatkan kesuburan pria selanjutnya yaitu sayuran hijau. Pasalnya, kandungan asam folat atau vitamin B9 baik untuk kesuburan sperma. Tidak hanya baik bagi wanita, asam folat juga bagus untuk pria dalam meregenerasi serta meningkatkan kualitas sperma yang bisa membuahi sel telur.


Oleh sebab itu, mulailah mengonsumsi sayuran berdaun hijau contohnya brokoli, bayam, asparagus, serta lobak hijau. Kandungan serupa juga bisa ditemukan pada kentang dan alpukat.



6. Buah-buahan

Banyak dikenal sebagai peningkat imunitas tubuh, buah-buahan juga bisa bermanfaat sebagai makanan penyubur sperma. Buah dengan kandungan vitamin C dipercaya mengandung anti-oksidan yang bisa meningkatkan kualitas sperma pada pria.


Manfaat buah dengan kandungan vitamin C juga bisa berdampak signifikan untuk mengurangi jumlah sel sperma yang cacat. Untuk itu Anda bisa mengonsumsi jeruk, manga, pepaya, stroberi, serta nanas secara teratur.



7. Telur

Ternyata makanan yang sering ditemui setiap hari ini berperan penting dalam meningkatkan kesuburan pria. Kandungan di dalam telur yaitu nutrisi asam lemak omega-3 yang baik dalam membantu kualitas sperma.


Selain itu juga omega-3 berperan dalam meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi dalam tubuh. Omega-3 bisa Anda dapatkan melalui ikan salmon, mackerel, tuna dan sarden.


Selain mengonsumsi makanan untuk meningkatkan kesuburan pria, sebaiknya terapkan pola hidup sehat agar program kehamilan bisa berhasil. Kurangi minuman beralkohol, berhenti merokok dan batasi makanan yang mengandung kafein.



Makanan Yang Bisa Menurunkan Kesuburan Pria

Makanan yang bisa menurunkan kesuburan pria

Dalam meningkatkan kesuburan pria, hal terpenting memang menjaga pola makan yang sehat. Namun tidak semua jenis makanan bisa berdampak baik bagi kesuburan sperma.


Kesuburan pria sendiri ditentukan oleh berbagai faktor, yaitu dengan memperhitungkan jumlah, pergerakan, serta struktur sel sperma. Pria dikategorikan subur apabila mampu mengeluarkan cairan semen dengan jumlah sperma sekitar 15 juta per milimeter dalam sekali keluar.


Apabila kurang, akan mengakibatkan sulit terjadi pembuahan. seain itu jika minimal 40 persen dari jumlah sperma bisa mencapai sel telur, juga dikategorikan subur.


Untuk meningkatkan kesuburan sebaiknya mengonsumsi makanan untuk meningkatkan kesuburan pria, dan hidari jenis makanan berikut ini.



1. Makanan Mengandung Lemak Trans

Kandungan lemak trans yang umunya ada pada makanan siap saji bisa meningkatkan resiko penyakit jantung serta pembuluh darah. Menurut penelitian di Spanyol, mengonsumsi jenis makanan ini bisa meningkatkan kadar lemak trans pada tubuh yang akan mengakibatkan penurunan jumlah sperma.


Kategori makanan yang tinggi kandungan lemak trans yaitu kue atau roti yang dipanggang, gorengan, mentega, creamer, serta biskuit kaleng.



2. Makanan Terlalu Manis

Mengonsumsi makanan manis atau gula terlalu banyak ternyata bisa berdampak buruk bagi kualitas sperma. Hal itu karena gula yang masuk ke dalam tubuh membutuhkan insulin agar dapat dicerna oleh tubuh.


Sayangnya, meningkatnya insulin yang berlebihan akan berdampak terhadap penurunan kadar testosteron pada pria. Akibatnya, gairah akan menurun serta kualitas sperma juga akan terpengaruh.


Sebaiknya hindari konsumsi makanan yang terlalu manis untuk meningkatkan kesubran pada pria. Namun makanan seperti mie instant yang mengandung karbohidarat juga buruk bagi kesuburan pria.



3. Susu Tinggi Lemak

Umumnya susu sapi memang menyehatkan. Namun, jika mengonsumsi susu sapi tinggi lemak secara rutin, bisa memperburuk kesuburan pria. Maka dari itu Anda harus memperhatikan jenis susu yang dikonsumsi.


Susu tinggi lemak mengandung estrogen yang berasal dari hewan. Bahkan, aktivitas penyuntikan hormon steroid pada sapi untuk meningkatkan produksi susu bisa menjadi salah satu penyebab utama.


Ini juga bisa ditemukan misalnya olahan susu tinggi lemak seperti keju yang perpotensi efek buruk serupa. Jika Anda ingin mengonsumsi susu atau produk olahan sejenis, sebaiknya pilih produk susu rendah untuk menjaga kesuburan pada pria.

Baca Juga

Post a Comment