obat herbal penurun darah tinggi

Konsumsi bahan hebal penurun darah tinggi berikut ini, karena sudah terbukti bisa menurunkan penyakit darah tinggi sejak dulu.


Hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa terjadi pada siapa saja, terutama yang telah memiliki riwyat darah tinggi sebelumnya. Untuk mencegah atau mengatasinya bisa dengan mengkonsumsi bahan herbal penurun darah tinggi yang sudah terbukti secara medis.


Selain mengkonsumsi bahan herbal tersebut, terapkan juga gaya hidup sehat agar proses penyembuhannya lebih baik. Menggunakan bahan herbal sebenarnya tidak dilarang, namun sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.


[ads id="ads1"]


Bahan herbal ini sebenarnya bukan untuk mengobati tekanan darah tinggi, hanya berfungsi untuk mengontrol tekanan darah.



Contoh Bahan Herbal Penurun Darah Tinggi

Pengobatan alternatif dengan memanfaatkan bahan herbal penurun darah tinggi menjadi salah satu metode penyembuhan yang sering digunakan. selain memanfaatkan obat alami darah tinggi, pola hidup sehat juga perlu diperbaiki agar proses penyembuhan berjalan maksimal.


Pasalnya tekanan darah tinggi atau yang sering disebut hipertensi, bisa memicu berbagai komplikasi serius, seperti penyakit jantung atau stroke yang bisa menyebabkan kematian. Maka sudah semestinya penderita hipertensi akan membutuhkan obat penurun darah tinggi untuk mengatasi hipertensi.


Meskipun penggunaanya sudah memberikan dampak positif bagi kebanyakan orang, namun sebaiknya tetap berkonsultasi pada dokter untuk mencegah hal yag tidak diinginkan. Berikut beberapa bahan herbal yag sudah dipercaya bisa menurunkan darah tinggi.



1. Bawang Putih

bawang putih penurun darah tinggi

Tidak hanya digunakan sebagai rempah ketika Anda memasak, bawang putih berfungsi untuk menurunkan darah tinggi secara alami.


Khasiat bawang putih pernah diteliti oleh Pharmacognosy Review tahun 2011 bahwa bawang putih bisa menurunkan tekanan darah sistolik. Semakin ampuh untuk menurunkan jenis hipertensi esensial atau primer.


Kandungan allicin bisa berperan untuk menurungkan tekanan darah. Senyawa tersebut bisa meningkatkan produksi oksida nitrat yang bisa membuat pembuluh darah lebih rileks. Satu lagi, bawang putih bisa menurunkan kolesterol sebagai salah satu faktor penyebab hipertensi.



2. Kayu Manis

Kayu manis penurun darah tinggi

Kayu manis bisa menjadi bahan herbal penurun darah tinggi untuk jenis sistolik maupun diastolic. Meskipun pada dasarnya belum terbukti langsung bisa mengontrol tekanan darah untuk penderita hipertensi.


Kayu manis bisa mengatasi penyakit diabetes dimana menjadi salah satu penyebab hipertensi, terutama hipertensi sekunder. Hipertensi ini terjadi disebabkan oleh resistensi insulin penderita diabetes, sehingga bisa menyebabkan naiknya tekanan darah.



3. Jahe

Jahe penurun darah tinggi

Jahe memiliki zat aktif berupa saponin, flavonoid, amime dan alkaloid. Semua kandungan tersebut bisa meningkatkan relaksasi pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.


Memang penelitiannya belum begitu meyakinkan, Cleveland Clinic menyatakan bahwa jahe bisa menurunkan kadar kolesterol. Di sisi lain kolesterol bisa menjadi penyebab hipertensi.



4. Daun Basil

daun basil penurun darah tinggi

Bahan herbal penurun darah tinggi yang terakhir adalah daun basil. Daun ini mengandung eugenol yang sering dijadikan resep dokter. Eugenol juga merupakan zat kimia yang berfungsi memblokir reaksi kalsium dan bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah.


Ekstrak murni dari daun basil juga dipercaya bisa menurunkan kadar tekanan darah sistolik, serta diastolic. Mungkin kandungan eugenolnya yang memicu efek trsebut karena mempunyai pengaruh kanal kalsium.


Mengonsumsi secara rutin bahan - bahan herbal tersebut dengan di iringi konsutasi dokter bisa memberi dampak baik bagi kesehatan tubuh, kususnya penderita darah tinggi.

Baca Juga

Post a Comment