ciri-ciri anak kekurangan gizi

Sebaiknya kenali tanda atau ciri-ciri anak kurang gizi sebelum terlambat. Berikut ini 4 tanda yang harus diketahui para ibu.


Kurang gizi merupakan penyakit yang sering dialami oleh sejumlah orang, meskipun anak-anak lah yang paling rentan. Ketika anak sudah mengidap penyakit ini maka tubuhnya akan lebih mudah lagi untuk menerima penyakit lainnya.


Untuk itu sebagai orang tua, sebaiknya mengenali ciri-ciri kekurangan gizi sejak dini agar menjadi solusi yang efektif dalam menjamin kesehatan buah hati.


[ads id="ads1"]


1. Rambut Beserta Kulit Menjadi Lebih Kering

Rambut dan kulit yang lebih kering pada anak dapat menjadi ciri-ciri kekurangan gizi. Pasalnya ini menjadi pertanda bahwa anak memang tidak mendapatkan asupan vitamin yang cukup seperti D, K, A, dan E.


Untuk itu supaya hal ini tidak menjadi permasalahan yang lebih serius, anda sebaiknya segera menanganinya dengan berkonsultasi langsung ke dokter.



2. Hiperaktif

Anak yang hiperaktif juga bisa menjadi pertanda bahwa gizi dalam tubuhnya sangatlah kurang. Biasanya hal ini dipicu karena sistem pencernaanya kurang baik sehingga mempengaruhi tubuhnya.


Sebagai orangtua anda harus paham akan hal ini, dan harus memberikannya asupan yang cukup demi kelangsungan si kecil.



3. Sangat Mudah Sakit

Kekebalan tubuh anak memang berbeda-beda, ada yang jarang sakit dan ada juga yang rentan. Nah untuk masalah ini bisa jadi karena anak kurang gizi dan itu menjadi penyebab sistem imun dalam tubuhnya tidak kuat untuk menghalau penyakit yang masuk.


Jika tidak ingin anak merasakan dampak buruk itu, pastikan kalau nutrisinya benar-benar cukup. Namun usahakan untuk tidak memberikannya suplemen yang kurang sehat karena efek sampingnya tidak akan terasa diawal, melainkan nanti.


Dalam meminimalisirkan penggunaan bahan kimia anda dapat mencoba makanan yang sehat dan alami seperti buah, daging, sayur, dan lain sebagainya, agar tidak ada dampak yang serius dikemudian hari.



4. Anak Telat Bicara

Anak yang mengalami ketelatan dalam berbicara sering dikaitkan dengan faktor keturunan. Namun sebenarnya tidak demikian, karena kekurangan vitamin B12 lah yang menjadi penyebab utama dari permasalahan tersebut, jadi anda harus lebih waspada dan berhati-hati.


Demikianlah ulasan menarik tentang ciri-ciri kekurangan gizi pada anak yang wajib diketahui para orangtua. Tentu saja Anda tidak mau bukan jika sampai anak mengalami permasalahan serius pada tubuhnya. Untuk itu bantu si kecil dalam menjaga kesehatan dengan menerapkan pola makan sehat.

Baca Juga

Post a Comment