asupan makanan untuk anak kurang gizi

Kenali penyebab anak kekurangan gizi, dan berikut ini daftar asupan vitamin untuk anak gizi buruk sebagai langkah pencegahan.


Kondisi kekurangan vitamin dan mineral bisa disebabkan oleh kualitas makanan yang dikonsumsi anak. Pola makanannya tidak memenuhi kebutuhan nutrisi sehingga membutuhkan vitamin untuk anak gizi buruk yang mungkin terjadi.


Tubuh anak membutuhkan mikronutrien untuk membantu proses tumbuh dan perkembanganya. Awalnya tubuh anak tidak menunjukkan gejala apapun, bahkan terlihat sehat seperti biasa.


[ads id="ads1"]


Namun jika dibiarkan tanpa memperhatikan asupan nutrisi anak maka bisa menimbulkan gizi buruk di kemudian hari. Kelainan yang sering terjadi karena tidak terpenuhinya vitamin dan nutrisi yakni seperti berat badan tidak seimbang dengan tingginya.



Penyebab Gizi Buruk Pada Anak

Penyebab kwashiorkor atau yang sering kita sebut gizi buruk yaitu kurangnya asupan protein serta energi yang cukup. Biasanya ini terjadi karena pola makan yang tidak teratur dan tidak sehat, maka dari itu sebagai orang tua harusnya memahami sebab, akibat dan cara menangani anak kurang gizi.


Pada dasarnya gizi buruk bukanlah penyakit yang terjadi secara kebetulan. Kondisi ini terjadi secara perlahan. Oleh sebab itu langkah pencegahan sangat penting agar pertumbuhan sang buah hati terjamin. Lantas apa saja penyebab gizi buruk pada anak ?



1. Tingkat Ekonomi Yang Rendah

Kondisi tingkat ekonomi keluarga yang kurang mencukupi memang menjadi penyebab anak mengalami gizi buruk yang sering dialami kebanyakan orang. Hal ini dikarenakan porsi serta jenis asupan makanan tidak memenuhi kebutuhan gizi dalam jangka waktu lama.


Namun hal ini bisa dihindari dengan mengetahui sumber makanan yang bergizi baik dengan menyesuaikan kemampuan ekonomi. Pasalnya mahal tidak menyimbolkan sumber gizi, dan yang terpenting tetap menjaga kebersihan makanan itu sendiri.



2. Kurangnya Pemahaman Tentang Gizi

Kurangnya orang tua dalam memahami pola makan yang sehat serta kandungan gizi yang seimbang. Apabila sebagai orang tua tidak lebih memahami asupan yang bisa memenuhi nutrisi anak, maka tidak ada jaminan nutrisi sang buah hati terpenuhi.


Hal ini merupakan penyebab umum anak kekurangan gizi. Sebaiknya mulai dari sekarang perhatikan secara serius terkait asupan makanan yang menjadi sumber protein untuk mendukung tumbuh kembang si anak.



3. Kebersihan Tidak Terjaga

Kebersihan lingkungan juga berperan penting terkait kekurangan gizi pada anak, pasalnya lingkungan yang kotor bisa perpotensi anak terserang penyakit yang menghalangi pertumbuhanya. Hal ini bisa menyebabkan pencernaan gizi terhambat, meskipun sudah mengutamakan asupan makanan yang bergizi.


Tentu menjaga kebersihan akan berdampak baik bagi kesehatan. Tidak hanya untuk sang buah hati, melainkan bagi seluruh anggota keluarga tercinta.



4. Terkena Penyakit

Selain faktor makanan, kurang gizi juga bisa disebabkan oleh suatu penyakit yang sebelumnya di derita si anak, terlebih penyakit yang berpusat pada saluran pencernaan yang mengakibatkan tubuh anak sulit untuk mencerna akanan.


Pada kasus ini, biasanya penyakit celiac, penyakit Crohn, dan radang usus. Selain itu, penyakit jantung bawaan serta infeksi seperti TB paru, juga dapat menyebabkan anak mengalami kurang gizi.



Gejala Anak Mengalami Gizi Buruk

Terdapat beberapa gejala anak kurang gizi yang bisa anda kenali, segera beri vitamin untuk anak gizi buruk jika mengalami salah satu gejala berikut :

  • Berat dan tinggi anak dibawah pertumbuhan normal.
  • Nafsu makan menurun.
  • Tidak bersemangat.
  • Lebih rewel dari biasanya.
  • Rambut serta kulit terlihat kering.
  • Rambut rontok.
  • Wajah area pipi terlihat lebih cekung.
  • Area mulut serta gusi mudah terluka.
  • Proses penyembuhan luka pada tubuh yang lambat.


Jika anak mengalami gejala tersebut dan tidak memungkinkan untuk proses pemberian vitamin untuk anak gizi buruk secara bertahap, sebaiknya langsung konsultasi ke dokter spesialis agar mendapatkan penanganan yang tepat.



Vitamin Untuk Anak Gizi Buruk

asupan Vitamin untuk anak gizi buruk

Kwashiorkor atau yang lebih dikenal gizi buruk merupakan salah satu bentuk malnutrisi yang dapat dipahami sebagai kesalahan atau kurangya dalam pemberian nutrisi pada anak.


Gambaran kwashiorkor sendiri bisa diartikan sebagai kondisi kurangnya asupan energi serta protein pada tubuh. Hal ini sangat penting bagi balita mengingat protein dibutuhkan tubuh untuk membantu proses pembentukan sel-sel baru maupun rusak.


Untuk mencegah anak kekurangan gizi sebaiknya pola makan yang sehat dan kebersihan harus diterapkan pada anak. Berikut ini kandungan vitamin yang baik untuk mencegah gizi buruk.



1. Vitamin A

Tubuh anak membutuhkan vitamin A untuk menciptakan kekebalan tubuh agar semakin baik. Vitamin A merupakan jenis vitamin yang bisa larut dalam lemak dan sangat baik untuk kesehatan. Anda bisa mendapatkan vitamin A dari beberapa sumber makanan seperti daging, hati, susu dan sayuran hijau. 


Beberapa sayuran berwarna cerah dan kacang-kacangan juga mengandung vitamin A. Vitamin ini bisa membantu meningkatkan pertumbuhan anak dengan baik. Kemudian berfungsi untuk mencegah anemia dan nutrisi yang bagus untuk mata.



2. Vitamin B

Apa si Anak sering susah makan? Anda sebaiknya mengecek kembali, dikhawatirkan sedang mengalami kekurangan vitamin B. Salah satu vitamin untuk anak gizi buruk adalah vitamin B.


Fungsi dari vitamin B yakni untuk mengatur selera makan hingga proses metabolism dan penceranaan. Untuk mendapatkan vitamin B, Anda bisa mengkonsumsi jenis makanan seperti daging dan ikan. Ditambah susu dan produk turunan lainnya yang bisa Anda konsumsi.



3. Vitamin D

Untuk mencegah dan mengatasi gizi buruk bisa menggunakan vitamin D. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa vitamin D bisa mengatasi gizi buruh pada 20juta anak di seluruh dunia. Penelitian ini dilakukan oleh Dr. Javeria Saleem, seorang peneliti dari Universitas Mary di London.


Vitamin D dengan dosis tinggi memiliki manfaat yang baik untuk menaikkan berat badan anak. Manfaat lainnya bisa meningkatkan fungsi motorik anak dan kemampuan dalam mengenal bahasa.


Sebaiknya Anak-anak dibiasakan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin untuk anak gizi buruk sebagai upaya pencegahan, sehingga sang buah hati bisa tumbuh secara optimal.

Baca Juga

Post a Comment